Langsung ke konten utama

Doa Ali Zainal 'Abidin Ibn Husain



Tulisan Robi ( TUBI )
Doa Ali Zainal ‘Abidin Ibn Husain

Siapa Ali Zainal ‘Abidin Ibn Husain  ? dia adalah putra dari Husain Cucuya Rasullalah SAW. Dia melihat langsung ketika ayah dan seluruh keluarganya di bantai padang Karbala.
Sahabat nya pernah bertanya. “Tidakkah kau ingin balas dendam kepada bani umayyah ? “
“Aku selalu tanamkan dalam diriku bahwa berdengki itu artinya kau menuang racun kedalam mulutmu lalu berharap musuhmulah yang akan mat. Apakah itu tindakan orang yang berakal ?”
Dalam ShahifahAs Sajjadiyah disebutkan doa nya yang mengharu biru.

Ya allah, sampaikan salam shalawat kepada Muhammad dan keluarganya.
Bimbinglah aku untuk melawan orang yang mengkhianatiku dengan kesetiaan
Membalas orang yang mengabaikanku dengan kebaikan
Memberi orang ynag bakhil padaku dengan pengorbanan
Menyambut orang yang memusuhiku dengan kasih sayang
Menentang orang yang menggunjingkanku dengan pujian
Berterimakasih kepada kebaikan dan menutup mata pada keburukan.
Ya Allah sampaikanlah shalawat dan salam kepada Muhammad adan keluarganya

Hiasilah kepribadianku dengan hiasan para shalihin
Berilah aku busana kaum muttaqin
Dengan menyebarkan keadilan, menahan kemarahan, meredam kebencian
Mempersatukan yang terpecah, mendamaikan pertengkaran
Menyiarkan kebaikan menyembunyikan kejelekan
Memelihara kelembutan, memiliki kerendahan hati
Berperilaku yang baik, memegang teguh pendirian
Menyenangkan dalam pergaulan, bersegera melakukan kebaikan
Meninggalkan kecaman, memberi walau kepada yang tidak berhak.

Berbicara yang benar walau berat
Menganggap sedikit kebaikan sendiri
Walau terasa banyak dalam ucapan dan perbuatan
Dan menganggap banyak kebururkan pribadi
Walau seikit dalam kata-kata dan tingkah laku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Sistem Sosial

Teori system sosial menjelaskan tentang dinamika oganisasi dalam istilah-istilah dari jaringan sosial- hubungan dan interaksi orang didalam dan diuar organisasi. Blau dan Scott (1962) mengenalkan dua prinsip dasar yang membantu mendefinisikan sistem sosial. Salah satunya adalah susunan hubungan-hubungan sosial, atau pola-pola dari interaksi-interaksi sosial didalam sistem sosial.. Yang lain adalah budaya, atau nilai-nilai kebersamaan dari orang-orang di dalam sistem sosial. Hal ini berguna untuk mengingat bahwa susunan hubungan sosial dan budaya dari organisasi dapat dilihat secara formal, informal atau holistik. Struktur sosial ditentukan oleh jenis interaksi sosial, antara orang dengan berbagai status dalam organisasi. Tindakan Sosial mengacu pada jenis dan tingkat interaksi di antara mereka dalam sebuah organisasi, apakah mereka lebih tinggi, rendah, atau berorientasi pada teman sebaya. Misalnya, penting untuk dicatat bagaimana-sering dan panjangnya orang bercakap-cakap satu de

Teori Struktural Fungsional

Struktural Fungsional Teori fungsional memiliki asumsi utama, yaitu melihat masyarakat sebagai suatu sistem yang di dalamnya terdapat subsistem, keseluruhan subsistem tersebut memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Menurut aliran struktural fungsional (parson), bahwa pranata-pranata utama dalam setiap kebudayaan hubungan satu dengan yang lain dan memiliki fungsi khusus dalam hubungan satu dengan yang lain .   Setiap pranata (termasuk sistem kekuasaan) penting untuk berfungsi secara normal dimana kebudayaan pranata itu berada   untuk melanjutkan eksistensisnya. Talcott parson dan edwar A shils mengatakan yang dimaksud dengan sistem sosial dapat digambarkan sebagai   “a system of interactive relationship of a plurality of individual actors” sementara itu Hugo F. Reading mentakan bahwa sistem sosial biasanya digambarkan sebagagai “a system if social elements” . Sedangkan Thomas Fourd Hold mengatakan bahwa sistem sosial adalah “the totality of relationship of involved indiv

Analisis Cinta Menurut Teori Sosiologi

Kerangka Konsep Sosiologi untuk Membingkai Cinta Sosiologi merupakan ilmu yang mengkaji masyarakat, baik meliputi proses sosial, nilai dan norma sosial, kelompok sosial, dan lain sebagainya yang terdapat dalam masyarakat. Masyarakat menjalain hubungan timbal balik individu dengan individu, individu dengan kelompok, serta kelompok dengan kelompok yang bersifat asosiatif maupun disosiatif. Konsep asosiatif mengarah pada proses penyatuan individu dan kelompok dalam suatu masyarakat yang satukan oleh perasaan afeksi (kasih sayang), afeksi dapat juga diartikan sebagai kategori cinta. Namun cinta tidak bisa dikatakan sebagai kasih sayang, buktinya ucapan cinta kadang membuat sakit hati dan saling membenci. Cinta dalam makna normatif berarti ungkapan kasih sayang dari seseorang diwujudkan dalam bentuk afeksi dan proteksi. Pewujudan afeksi sudah jelas bentuknya berupa kasih sayang, namun perwujudan proteksi yang diartikan melindungi kadang disalahlakukan sebagai koersif a